Minggu, 26 Agustus 2007

E-Banking PT Bank Mandiri (Persero) Tbk


E – Banking Bank Mandiri , layanan perbankan istimewa yang memenuhi kebutuhan informasi dan transaksi Perbankan Nasabah dengan nyaman, mudah dan aman.Cukup dengan akses ke Layanan SMS Banking, Internet Banking dan Call Mandiri, dapat melakukan informasi dan transaksi tagihan rutin dan transaksi laiinya dari belahan dunia maupun 24 jam sehari, 7 hari seminggu. E – Banking Bank Mandiri merupakan produk yang mendevelop antara tehnologi komunikasi dan kebutuhan transaksi perbankan pada umumnya sehinga nasabah dapat mengakses untuk bertransaksi dan informasi dalam 24 jam dan dimana saja bagi Nasabah yang memiliki mobilitas yang tinggi.


SMS Banking Mandiri
Kini, transaksi perbankan semakin mudah, SMS Bking Mandir adalah layanan perbankan yang dapat anda dunakan untuk bertransaksi perbankan melalui SMS di HP Anda.

Manfaat yang Anda Dapatkan
Aktivitas perbankan Anda dapat jadi mudah. Dengan HP di tangan Anda, semua transaksi bias Anda lakukan Kapan saja dimana saja.
1. Aman karena nomor rekening didaftarkan (untuk ketik SMS) dan SMS diacak (untuk pilih menu).
2. Lebih efisien, biaya SMS + Rp.500. Untuk Notifikasi SMS sebesar Rp. 500,-
3. Pemakaian semua jenis ponsel, CDMA dan GSM.
*) untuk menggunakan STK mBanking, pastikan SIM Card Anda memiliki menu M-B Mandiri pada satelindo @ Indosat dan Life In Hand Layanan Data XL atau T- Sel Menu pada SIM Card navigator Telkomsel.

Jenis Transaksi
Transaksi Perbankan
· Pembayaran PLN, PAM Palyja dan TPJ dan TPJ, Pasca bayar Kartu HaLO, Matrix X-PLOR, Telkom Flexi, Fren,
Esia Star one, Hutchison dan Telkom।
· Isi ulang pulsa Simpati, Mentari, IM3, XL Bebas, Flexi Trendy, Fren, Esia, Star One dan Hutchison.
· Pembayaran kartu kredit Bank Mandiri, ABN Amro, ANZ, CitiBank, HSBC, Standard Charteded.
· Pembayaran TV kabel Indovision, kabelvision (Digital I) dan astro.
· Pembayaran cicilan kendaraan OTO Multiartha Sun Prima, Columbia dan Oto Kredit Motor.
· Pembelian Tiket Garuda, adam Air Riau Air, Tiket Kereta Api.
· Pembayaran Internet Indosatnet dan CBN.
· Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan.
· Pembayaran Uang Kuliah STIE Trisakti, BSI dan Amikom.
· Pembayaran Asuransi Axa Mandiri, Sinar Mas Astra CMG Life, Ekalife, Prudential, Aj Sequis Life, Bumi असिः
Jaya dan Axa Financial.
· Pembayaran Travel Agent Qpay.
· Pembayaran XL Dealer, pembayaran iklan Kompas.
· Transaksi antar Bank RTGS dan Kliring, transfer antar rekening.
· Pembukaan Deposito.
· Informasi saldo dan Mutasi Tabungan, Giro, Deposito dan Kartu Kredit.

2. mATM
Anda dapat pembelian barang dan tari tunai di toko berlogo m ATM dengan menggunakan HP
Anda.Informasi toko mATM dapat dilihat di www.bank mandiri.co.इद
३. Notifikasi SMS otomatis :
· Pendebetan/pengkreditan diatas nilai tertentu.
· Saldo rekening dibawah nilai tertentu. Jatuh tempo deposito.
· Penolakan cek/bilyet giro.
· Jatuh Tempo rekening देपोसितो, Perubahan पिन.

Syarat pendaftaran Layanan
· Memiliki rekening tabungan, rekening valas, pinjaman dan atau deposito rupiah Mandiri serta memiliki सिम
Card Telkomsel, Indsatnet dan XL.
· Untuk pendaftaran di ATM, harus memiliki Kartu ATM Mandiri. Untuk pendaftaran dicabang हरुस
menunjukan bukti identitas diri (KTP/SIM, Paspor, KIMS) dan Kartu Mandiri.

Cara Pendaftaran SMS Banking di ATM
Jika pendaftaran di ATM Mandiri, masuk ke Menu Pendaftaran E – Banking lalu tekan tombol sebagai berikut :
· SMS Banking.
· Pendaftaran SMS Banking Mandiri.
· Masukkan nomor HP Anda.
· Buat sendiri PIN SMS Banking Anda.
· Pilih ya atau tiak untuk layanan notifikasi SMS.
· Setelah pendaftaran selesai, layanan SMS Banking Anda siap digunakan.
Untuk transaksi transfer, bayar tagihan, isi ualang pulsa silahkan ke cabang Bank Mandiri terlebih dulu untuk lakukan Aktivitasi.

Mulai Menggunakan SMS Banking Mandiri
Bagi anda yang mendaftar di ATM, gunakan PIN yang dibuat di ATM untuk bertransaksi. Bagi yang mendaftar dicabang PIN diperoleh dari SMS agar diubah terlebih dahulu sebelum transaksi.
Untuk Transaksi Ketik SMS, ketik kode transaksi pada menu SMS HP Anda kirim SMS tersebut ke 3355.
Anda akan menerima balasan SMS atas transaksi yang dilakukan.
Untuk transaksi Pilih Menu, pastikan Sim Card anda memiliki menu M-B Mandiri pada satelindo @ccess Indosat dan Life In Hand/Layanan Data XL atau T-Sel Menu pada Sim Card navigator Telkomsel.


Internet Banking Bank Mandiri
Keuntungan dan Keamanan
1. Cara bertransaksi perbankan.
2. Fitur lengkap dan Gratis.
3. Keamanan berlapis.
4. Dilengkapi dengan Token Pin Mandiri
5. Tidak memerlukan perangkat Khusus.
6. Cukup dari meja kerja Anda.
7. Tanpa batasan waktu.
8. Cakupan Global.
9. Siapapun bisa menikmati kemudahannya.
10. Fitur layanan yang beragam.
11. Aman terlindungi.
12. akses untuk semua produk.

Fitur Lengkap dan Gratis
· Untuk setiap transaksi yang dilakukan tidak dibebankan biaya (Gratis) *
· (*kecuali pembayaran listrik dan transfer antar Bank Domestik)
· Transfer Dana
· Transfer antar Rekening Mandiri.
· Transfer antar Bank Domestik.
· Daftar Transfer terjadwal.


Pembayaran
Telkom dan telepon CDMA, telepon GSM, internet, kabel TV, kartu kredit, listrik Anggsuran, Asuransi, Pendidikan, Airlines, Autodebit

Pembelian
· Pulsa Telepon CDMA
· Pulsa Telpon GSM
Penempatan Deposito berjangka
Informasi Rekening & Kartu Kredit
· Rekening tabungan & Giro (posisi saldo, histori, daftar rekening)
· Rekening Deposito
· Rekening pinjaman
· Informasi Kartu Mandiri Visa
Fasilitas Layanan
· Status cek
· Layanan Notifikasi SMS
Informasi aktivitas Internet Banking
Fungsi Administrasi, pendaftaran rekening tujuan SMS bangking, call mandiri, rubah e-mail, ganti password)
Personalia (transaksi favorit, bahasa)

Keamanan Berlapis
· Menggunakan sistem keamanan standard international dengan enkripsi SSL 128 bit (secure Socket layer 12 बीत Encryption) yang akan mengacak data transaksi.
· Proses pendaftaran pendaftaran melalui ATM atau cabang.
· Proses aktivasi melalui websate dengan access ID & access code.
· Verifikasi user dengan User ID dan PIN Internet Banking pada saat login.
· Seluruh aktivitas nasabah tercatat di internet Banking akan tercatat oleh system.
· Nasabah dapat melihat seluruh aktivitas yang dilakukan pada internet Banking jangka waktu tertentu.
· Verifikasi transaksi dengan Token PIN


Dilengkapi Dengan Token PIN
Token Pin adalah alat pengamanan tambahan untuk transaksi financial di Elektronik Banking.
Token Pin berfungsi menghasilkan PIN yang selalu berganti (dinamis) untuk setiap transaksi financial.
PIN digunakan sebagai otorisasi transaksi pada saat nasabah mengeksekusi transaksi, sedangkan untuk login tetap menggunakan User ID dan PIN Internet Banking.
Satu nomor ID nasabah hanya link kesatu nomor serial Token PIN, sehingga sangat unique dan bias digunakan disemua Channel e-Banking.

Perangkat yang dibutuhkan untuk mengakses Internet Banking Mandiri
Perangkat Keras (hardware):
· PC Pentium 133 Mhz atau lebih tinggi.
· Modem 28,8 kbps (disarankan 56 kpbs)
Perangkat lunak :
· Operating System Window 98, 2000 atau window NT.
· Browser Microsoft Internet Explorer 5.00 atau Netscape Navigator 4.5
Koneksi Internet
· Internet Account pada salah satu internet Service Proviver
· Internet Acces.

2 Langkah Pendaftaran
1. Lakukan pendaftaran Internet Banking.
2. Lakukan Aktivitas Internet Banking dan Token PIN.

Syarat Pendaftaran :
· Memiliki rekening tabungan, giro rupiah atau mata uang lainnya.
· Untuk pendaftaran di ATM Harus memiliki Kartu ATM Mandiri sedangkan untuk pendaftaran cabang harus menunjukkan bukti identitas diri (KTP, SIM, Paspor, KIMS) dan bukti kepemilikan rekening (buku tabungan, kartu ATM Mandiri)

Langkah Pendaftaran:
Langkah 1 : Lakukan Pendaftaran Internet Banking
Lakukan pendaftaran dengan salah satu cara dibawah ini, untuk mndapat nomor Accedd ID dan Access Code :


Datang Ke ATM Bank Mandiri
Datang ke ATM Bank Mandiri dan masuk ke menu utama dan pilih registrasi e – banking serta ikut petunjuk yang ada dilayar ATM untuk membuat Access ID gunakan 16 digit nomor kartu ATM Anda.

Datang ke Cabang Bank Mandiri
Isi Formulir aplikasi pendaftaran Internet Banking yang ada dicabang, selanjutnya bank akan mengirimkan Access ID ke alamat e-mail anda dan Access code harus diambil dicabang tersebut beberapa hari setelah pendaftaran (Access Code diserahkan dalam amplop tertutup. Setelah dapatkan Token Pin Mandiri dengan mengisi form aplikasi penggunaan Token Pin Mandiri serta ikut buku petunjuk penggunaan yang terdapat didalam box.
Catatan :
· Access ID 16 digit dan Access kode 6 Digit adalak kode yang akan digunakan pada saat aktivasi disitus इन्टरनेट
Banking.
· Token PIN adalah alat pengamanan Tambahan untuk transaksi financial di Internet Banking.
· Tanpa Token PIN anda masih bias log on ke dalam system internet Banking untuk mendapat informasi सल्दो
dan mutasi transaksi.

Langkah 2 : Lakukan Aktivasi Internet Banking Mandiri dan Token PIN
· Klik tombol aktivasi pada situs www.bankmandiri.co.id dan masukkan/input Access ID dan Access Code यांग
diperoleh dari bank setelah anda melakukan registrasi di ATM atau cabang bank.
· Selanjutnya buat sendiri User id dan PIN internet banking anda untuk bias log in kedalam layanan इन्टरनेट
Banking.
· Klik tombol login disitus www.bankmandiri.co.id
· Masuk ke menu administrasi dan pilih aktivasi token PIN.


CALL MANDIRI
Layanan Call Mandiri adalah informasi dan transaksi perbankan melalui telpon dengan nomor 14000, 24 jam 7 hari dalam seminnggu, pulsa lokal walaupun nasabah menelpon dari luar kota, aman karena dilengkapi oleh PIN bila bertransaksi melalui telpon.
Transaksi Perbankan
1. Informasi Saldo
2. Informasi 5 Transaksi terakhir.
3. Transfer
4. Pembayaran
5. Pembelian
6. Layanan Rekening Koran Melalui Faximile
7. Perubahan PIN Call Mandiri
(Jenis transaksi sama dengan SMS banking dan Internet Banking)


ATM MANDIRI
ATM Mandiri, semakin dekat anda dapat melakukan aktivitas perbankan melalui lebih dari 2500 ATM Mandiri yang tersebar dilokasi – lokasi yang strategis diseluruh propinsi di Indonesia.

ATM Mandiri semakin mudah, berbagai jenis transaksi dapat dilakukan di ATM Mandiri mulai dari pembayaran tagihan, isi ulang pulsa, pembelian tiket, inquiry, transfer antar rekening, cetak 5 transaksi dll.

Layanan ATM dapat dimanfaatkan setiap saat, 24 jam sehari 7 hari seminggu.

Selain Menggunakan Kartu Mandiri, ATM Mandiri juga melayani transaksi menggunakan kartu Mandiri Visa, kartu BSM, kartu berlogo Link serta kartu berlogo Visa/Plus/Visa Electron.

Layanan ATM Mandiri tersedia dengan gratis (kecuali untuk pembayaran listrik dan pencetakan mutasi)

Untuk informasi lengkap atau apabila terdapat permasalahan dalam menggunakan ATM Mandiri, nasabah dapat menghubungi layanan call mandiri

Fitur/ layanan ATM Mandiri
· Fitur standar/ akses ke rekening
· Penarikan tunai, inquiry saldo, transfer antar rekening , penggantian PIN, Inquiry rek. Valuta asing, इन्कुइर्य
rek. Pinjaman, cetak 5 transaksi terakhir.
· Payment Umum/ Utilities/ Open payment:
· Mandiri Visa, PLN, Tiket Garuda, Kompas, XL Kita, Oto Multiartha, AXA Mandiri, BSI, AMIKOM, Indovision,
Indosatnet, CBN, AIR Efata।
· Pembayaran Tagihan Telepon
· Telkom, Kartu Halo, Matrix, IM3 Bright, XL/Xplor, Fren, Esia, Telkom Flexi.
· Isi Ulang Pulsa:
· Simpati, Mentari, IM3 Smart, Fren, Esia, Flexi Trendy, XL/Bebas.
· Registrasi :
· SMS Banking Mandiri, Internet Banking Mandiri, Call Mandiri.
· Kartu Mandiri Visa :
· Cash Advance, inquiry tagihan.

TIPS Penting Bagi Nasabah :
A. Pada saat menerima Kartu ATM
· Segera tandatangani kartu pada kolom signature panel.
· Buat catatan berisi nomor rekening, nomor kartu dan nomor telepon cabang dan Call Mandiri सिम्पन्लाह
catatan ditempat yang aman.
· Segera lakukan pengantian PIN awal. Selanjutnya biasakan mengganti PIN secara berkala. Hindari मेम्बुअत
rumusan PIN yang mudah ditebak misalnya tanggal lahir, atau nomor telepon.
· Hapalkan PIN. Hindari menulis PIN didompet, tas pada kartu atau media lain yang mudah dibaca orang lain.
· Dianjurkan untuk melakukan registrasi/ pendaftaran sarana E Banking lainnya seperti Internet Banking, एसएमएस Banking dan Call Mandiri, agar lebih mudah untuk memonitor rekening.
ब. Selama Menjadi Nasabah

· Jangan pernah memberitahukan PIN kepada orang lain, baik lisan, melalui telepon atau SMS.
· Jangan memberikan nomor kartu kepada pihak lain selain kepada Bank Mandiri.
· Pastikan kartu selalu berada ditempat yang aman.
· Kartu jangan sampai tertekuk atau tergores.
· Segera telepon Call Mandiri 14000, apabila kartu hilang atau dicuri, sekaligus minta agar kartu diblokir.
· Dalam melakukan pembayaran tagihan PLN dan Telkom, sebaiknya lakukan pembayaran lebih dini, mengingat pada saat menjelang due date pembayaran, biasanya terjadi load yang sangat tinggi pada system PLN dan TELKOM, sehingga tingkat keberhasilan transaksi bisa menurun.
C। Saat Bertransaksi
· Batalkan transaksi dan segera laporkan ke bank, jika menemukan tanda-tanda yang mencurigakan di ATM,
seperti benda-benda asing/ kabel yang tidak wajar।

· Segera pindah ke ATM lain jika lokasi ATN gelap atau tersembunyi.
· Pada saat antrian di ATM pastikan orang lain tidak bisa melihat PIN dan nomor kartu.
· Untuk menghindari terjadinya salah bayar, maka sebelum melakukan konfirmasi akhir untuk त्रंसक्सी
pembayaran dilakukan, periksa kembalisecara seksama (melalui screen konfirmasi) data nomor telepon, इद
pelanggan PLN, Kode booking atau nomor kartu kredit yang telah dientry sebelumnya.
· Periksa bukti transaksi sebelum meningkatkan ATM. Simpan bukti tersebut.
· Segera mengambil uang dan kartu, karena bila terlalu lama tidak diambil maka uang atau kartu akan मसुक
kembali ke dalam mesin.
· Hindari menghitung uang ditempat yang terbuka.
· Jika kartu tertelan mesin, segera hubungi petugas काबंग, Apabila petugas काबंग tidak ada segera hubungi Call mandiri 14000 dan minta kartu agar diblokir


Daftar referensi :
www.bankmandiri.co.id
customer.care@bankmandiri.co.id
massbanking@bankmandiri.co.id
http://www.nada.kth.se/~green/courses/nonverbalcscw/index.htm
http://www.faculty.petra.ac.id/ido/courses/kombis
http://www.faculty.petra.ac.id/ido/courses/komunikasi_bisnis
http://www.eii.itb.ac.id/download/eii_proposal.pdf
www.bogor.net/idkf/bio2/indo-artikel/blue-book.pdf
www.bappenas.go.id/.../&view=199/WSIS_final.pdf
www.sme-center.com/sme/doc/file/20050128041042.pdf
www.mma.mb.ipb.ac.id/downloads/doktor/brosur-ind.pdf
www.microsite.detik.com/business4sme/online4sme.pdf
www.lib.ui.ac.id/files/Ade_Abdul_Hak.pdf
www.lmfeui.com/uploads/file17-XXIX-Juli-2000.PDF
www.publik.brawijaya.ac.id/.../6Penerapan%20Strategi%20Bisnis%20Modern%20pada%20Lembaga%20Bisnis%20Publ.pdf
www.prstudies.typepad.com/weblog/2006/04/the_communicati.
www.ijlit.oxfordjournals.org/cgi/reprint/13/1/39
http://www.europa.eu/.../06/478&format=PDF&aged=1&language=EN&guiLanguage=en
www.pria.com.au/sitebuilder/state/knowledge/asset/files/2/studentchallengeinfo.pdf
www.who.int/entity/water_sanitation_health/wastewater/wsh0308chap7.pdf
www.ot.co.id/images/mag/April06.pdf
www.itb.ac.id/focus/focus_file/IT_Policy_v1.1.pdf
www.warmada.staff.ugm.ac.id/Articles/pbl-ict150504.pdf
www.coremap.or.id/downloads/Mengapa_Kita_Berkomunikasi.pdf
www.nofieiman.com/repository/mengenal-e-commerce.pdf
www.keyskillssupport.net/files/supporting/Level%20Crossing/commonchallenges.pdf
www.publik.brawijaya.ac.id/.../6Penerapan%20Strategi%20Bisnis%20Modern%20pada%20Lembaga%20Bisnis%20Publ.pdf
www.lmfeui.com/uploads/file17-XXIX-Juli-2000.PDF
www.longwoods.com/view.php?aid=18779
www.leaonline.com/doi/abs/10.1207/s15567419cy2701
www.ualbanycphp.org/Events/Avian_06_22_05/Media/pandemicfluscenario-group%20questions-FINAL.pdf
www.books.nap.edu/html/ndr/alerting_america.pdf
www.dds.ca.gov/publications/PDF/Consumers_Comm_Challenges.pdf
www.panos.org.uk/PDF/reports/breakingbarriers.pdf
www.longwoods.com/view.php?aid=18779
www.leaonline.com/doi/abs/10.1207/s15567419cy2701_1
www.ualbanycphp.org/Events/Avian_06_22_05/Media/pandemicfluscenario-group%20questions-FINAL.pdf
www.books.nap.edu/html/ndr/alerting_america.pdf
www.dds.ca.gov/publications/PDF/Consumers_Comm_Challenges.pdf
www.e-psikologi.com/manajemen/111202.htm
www.cooptelkom.or.id/index.php?idpage=kmc
www.bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/Seminar-MIS/2006/171/171-11-BusinessCompetenceOfITProfessional.pdf
www.dppk.org/mkl_dir_sdm.html


Tidak ada komentar: